Minggu, 17 Agustus 2014

Pendaki Pemula

"Beberapa Tips Bagi Pendaki Pemula"
 
Barang kali ada diantara kita yang masih pemula dalam kegiatan pendakian. Kami mohon maaf, ini tidak ada maksud untuk menggurui, namun ini hanya bentuk tanggung jawab kita untuk saling berbagi ilmu
Semoga ilmunya bermanfaat yaa,, Silahkan disimak...



Pertama, Pilihlah medan pendakian yang tidak terlalu curam. Medan pendakian yang landai berguna untuk melatih ketahanan otot pendaki pemula. Jika otot sudah terlatih, maka risiko kram otot dan keseleo akan berkurang. 


Ke-2, Pilihlah sepatu yang nyaman dan waterproof. Sebelum mendaki, cobalah sepatu itu dengan kaus kakinya. Cobalah sepatunya minimal 1jam dengan frekuensi 3 kali.
 

Ke-3, Jangan kalian meremehkan cuaca meskipun cerah. Selalu siapkan jas hujan di dalam carrier dan taruh/tempatkan di bagian yang mudah diambil ketika tiba2 hujan.
 

Ke-4, Jika perjalanan siang hari, maka lebih banyaklah untuk membawa air & snack sehat. Kebutuhan air saat berjalan siang akan lebih banyak apabila dibandingkan dengan malam hari. Pilihlah snack yang tidak asin/gurih karena ini akan menyebabkan cepat haus. Jika kita terlalu banyak minum, maka persediaan air mungkin tidak cukup hingga ketemu tempat pengisian air kembali/hingga kembali pulang. Minum air memang sangatlah penting, namun haruslah ter-manage. Dalam minum air tidak boleh saling egois antar teman/anggota walaupun sudah merasa membawanya. Air adalah milik bersama, maka jika habis, 1 tim akan terkena dehidrasi bersama. Maka daripada itu, sangatlah penting menjaga keberadaan air kita.
 

Ke-5, Lakukan pemanasan setiap sebelum perjalanan. Pemanasan dengan maregangkan otot kaki agar lebih siap saat memulai menapaki jalur tanjakan.
Berjalan di awal2 tidak perlu cepat. Atur dulu langkah dan sesuaikan dengan pola nafas kita. Jika sdh mulai nyaman langkah & nafasnya, kecepatan/ritme berjalan pun boleh ditambah.
 

Ke-6, Lindungi sendi-sendi tulang kita, seperti sendi-sendi lutut dan pinggul. Pilihlah jalan yang landai dibanding yang curam pada saat naik/turun gunung. Jalan curam dapat menyebabkan sendi-sendi kita dalam bekerja. Jika dibiarkan, lama-lama sendi akan terasa ngilu, merah hingga bengkak. Jika sudah bengkak, maka sendi-sendi akan terasa nyeri sekali jika dipakai jalan. Oleh karena itu, jagalah sendi-sendi agar tetap fit selama perjalanan.
 

Ke-7, Mendakilah bersama 1 tim, janganlah sendirian disaat mendaki. Pendakian merupakan kerjasama tim, bukanlah keegoisan pribadi.dan usahakan dalam tim minimal 1org yang sudah berpengalaman dalam kegiatan pendakian.


Ke-8, Hormati jalur pendakian kita selama perjalanan. Sadarilah, bahwa setiap hutan yang kita lewati adalah tempat baru buat kita. Selain ada kita, ada penghuni lain juga yang sudah menghuni tempat tersebut. Entah itu warga, hewan atau makhluk halus yang ada di situ.
Hindarilah untuk mengotori tempat tersebut. Bentuk pengotoran bisa dalam ucapan atau perbuatan.Sampah janganlah dibuang sembarangan. Segala bentuk tumbuhan atau hewan janganlah dipetik atau diambil.Hindarilah untuk membuang hajat pada sembarangan tempat.Hindari pula kata-kata yang sifatnya meremehkan. Berdoalah sebelum, selama dan saat mengakhiri perjalanan. Mungkin cukup disini aja dulu ya, semoga bermanfaat ilmunya..




@PendakiJakarta

1 komentar:

  1. nice info bro..
    baca juga 7 kesalahan yang sering dilakukan pendaki pemula
    http://goo.gl/Q5bPjk

    BalasHapus